Selasa, 25 Maret 2014

PULAU KODINGARENG



Pulau Kodingareng Lompo
Pulau Kodingareng adalah salah satu dari 11 pulau yang berada dalam jajaran kepulauan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).  terletak di sebelah barat daya berjarak 15 kilometer dari Makassar. memanjang dari timur laut hingga barat laut.   
Pantai Selatan Pulau Kodingareng dihiasi oleh pecahan karang berbentuk krikil yang beraneka ukuran yang masyarakat kenal dengan nama “Gusung” dan pada sisi utara pulau ini terhampar pasir putih  halus yang ukurannya berubah mengikuti musim barat dan timur.
Transportasi laut dari Pulau Kodingareng ke Kota Makassar disiapkan dalam bentuk kapal penumpangh yang reguler tiap hari terdiri atas KM. Sinar Jaya, KM. Sejahtera, KM. Carikawan dan KM. Rahmat Jaya. Keempat kapal inilah yang beroperasi setiap hari Pulang Pergi (PP) Makassar – Pulau Kodingareng.

Jika Air laut  surut  terendah, tampak dataran yang cukup luas, khususnya pada perairan Pulau Kodingareng sebelah selatan,  tempat ini masyarakat kenal dengan nama “gusung”. Masyarakat biasanya mengahabiskan akhir pekannya di tempat ini terutama jika air laut surut. Perairan sebelah timur dan selatan merupakan alur pelayaran masuk dan keluar dari Pelabuhan Selat Makassar.
Di sebelah utara Pulau Kodingareng Lompo terdapat Pulau Kodingareng Keke namun tidak berpenghuni. Di Pulau ini disiapkan Fasilitas resort dan snorkling, Kondisi terumbu karang dan ikan-ikan karang merupakan daya tarik tersendiri dan khas. dan juga tempat berjemur di hamparan pasir putih nan bersih
Ditempat ini terdapat beberapa bangunan peristirahatan bagi wisatawan. Bangunan-bangunan tersebut dibuat semi permanen dan dihiasi beberapa pohon pinus. Pada sisi barat terdapat daratan penghalang yang terbentuk akibat proses sedimentasi yang tersusun atas material pecahan koral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar